RPP Gerak Pada Makhluk Hidup (Kurikulum TERPADU - JSIT)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPIT AL FITYAN BOARDING
SCHOOL BOGOR
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi / Topik : Gerak pada Makhluk Hidup
Sub topik : Gerak pada Tumbuhan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali tatap muka)
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3 :
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1 :
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.1 :
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
|
2.2 :
|
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
3.1 :
|
Memahami
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak
|
4.1 :
|
Membuat
tulisan tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia
|
INDIKATOR
Spiritual
Peserta didik termotivasi untuk berfikir
dan berdzikir melalui pengamatan terhadap ayat kauniyah, sebagai pengamalan
QS Al An’am Ayat 99
|
Pengetahuan
1)
Peserta didik dapat menjelaskan
menjelaskan pengertian gerak pada tumbuhan dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar
2)
Peserta didik dapat Mengidentifikasi
macam-macam gerak tumbuhan, jenis rangsangan serta contoh dari
masing-masing gerak pada tumbuhan dengan cermat
3)
Peserta didik dapat membedakan macam-macam
gerak tumbuhan dengan tepat
|
Sikap
1) Menunjukkan
perilaku disiplin saat pembelajaran yang ditunjukkan melalui sikap
mengumpulkan tugas tepat waktu
2) Menunjukkan
perilaku dapat menghargai kerja individu dan kelompok
3) Peduli lingkungan
|
Keterampilan
1)
Peserta didik dapat melakukan
percobaan tentang gerak fototropisme pada tumbuhan baik dan benar
2)
Peserta didik dapat menyajikan
hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil percobaan
tentang gerak fototropisme pada tumbuhan baik dan benar
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
4)
Menjelaskan pengertian gerak
pada tumbuhan dan menyebutkan
beberapa contohnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
5)
Mengidentifikasi macam-macam
gerak tumbuhan, jenis rangsangan serta contoh dari masing-masing gerak pada
tumbuhan dengan cermat
6)
Membedakan macam-macam
gerak tumbuhan dengan tepat
7)
Melakukan percobaan tentang gerak
fototropisme pada tumbuhan dengan baik dn benar
8)
Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan hasil percobaan tentang gerak
fototropisme pada tumbuhan baik dan benar
MATERI PEMBELAJARAN
Gerak pada tumbuhan yaitu gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh
rangsangan berupa faktor air,
cahaya, rangsangan berupa sentuhan, temperatur/suhu, gravitasi, zat kimia.
Jenis gerak pada tumbuhan
diantaranya :
1. Tropisme yaitu
gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya
rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi :
a. Fototropisme,
Contoh : gerak ujung
tanaman yang mengarah ke matahari
b. Geotropisme, Contoh : gerak akar menuju pusat bumi
c. Hidrotropisme, Contohnya arah pertumbuhan ujung akar didalam tanah yang selalu menuju
ketempat yang mengandung air.
d.
Tigmotropisme, Contohnya, sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.
2.
Taksis adalah
gerakan seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak
Taksis dibedakan menjadi :
a.
Fototaksis, Contohnya,
gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya.
b. Kemotaksis, Contohnya,
spermatozoid pada arkegonium lumut-lumutan dan paku-pakuan yang bergerak karena
tertarik oleh zat gula atau protein.
3.
Nasti adalah
gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya
rangsang. Gerak nasti dibedakan menjadi :
a.
Fotonasti, Contohnya,
gerak mekarnya bunga pukul empat pada sore hari.
b.
Thermonasti, Contohnya,
mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.
c.
Niktinasti, Contohnya,
gerak menutupnya daun majemuk karena cahaya gelap
d.
Seismonasti, Contohnya,
gerak menutupnya daun putri malu karena sentuhan. Daun putri malu akan menutup
apabila disentuh.
e.
Kemonasti, Contohnya,
membukanya mulut daun (stomata) pada siang hari karena adanya karbondioksida.
f.
Nasti
kompleks, Contohnya, gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena
cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.
Internalisasi nilai-nilai keislaman
“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami
tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari
tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang
menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai
yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan
delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu
pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang
demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”
(QS. Al An’am 99)
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientifik, Terpadu
2.
Metode : Diskusi,
Pengamatan, Presentasi
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan :
ü
Guru membuka pertemuan
dengan memberikan salam, sapa, senyum kepada peserta didik
ü
Guru memeriksa kebersihan dan
kerapian kelas. Jika masih kurang
bersih dan rapi, maka peserta didik diminta membersihkan dan merapikan kelas
atau dirinya ( “me Time”)
ü
Guru mengajak siswa untuk
melakukan gerakan senam otak dengan mengikuti gerakan dalam video yang
ditayangnkan
ü
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan rencana kegiatan
ü
Guru menyampaikan proses
penciptaan tumbuhan sebagai
internalisasi nilai-nilai keislaman (QS Al An’am)
ü
Guru membagi peserta menjadi 3 kelompok yang
masing-masing terdiri dari 4
anggota kelompok
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
& Telaah
ü Guru
memperlihatkan tayangan video tentang macam-macam tumbuhan yang melakukan pergerakan.
ü Guru
memancing peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
& Eksplorasi
ü Guru
membagikan lembar kerja
(LK) “Gerak pada Tumbuhan”
ü Secara
berkelompok peserta didik melakukan identifikasi gerak pada tumbuhan melalui
gambar yang diberikan guru
ü Untuk
mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya peserta didik dapat mencari
informasi dari buku sumber atau sumber belajar lainnya
& Rumuskan
ü Peserta
didik melakukan diskusi kelompok tentang hasil diskusi
ü Peserta didik membuat
kesimpulan dari percobaan yang dilakukan dengan mengacu pada sumber belajar
yang digunakan
& Presentasikan
ü Guru menyampaikan aturan main dan adab dalam presentasi
ü Peserta
didik mengkomunikasikan informasi hasil diskusi tentang gerak
pada tumbuhan
ü Peserta
didik menyampaikan kesimpulan yang diperoleh dari hasil diskusi di depan
kelas
ü Guru memberikan konfirmasi atas hasil dan kesimpulan dari
diskusi peserta didik
|
50’
|
3
|
Kegiatan
Akhir : ( siswa dan guru membuat
simpulan materi )
& Aplikasi
ü
Peserta didik melakukan evaluasi
& Duniawi
ü
Penugasan: Peserta didik melakukan observasi
lingkungan sekitar. Menemukan salah satu contoh gerak pada tumbuhan
misalnya tanaman putri malu.
& Ukhrowi
ü Melakukan refleksi,
mengambil ibrah dari materi yang dibahas, dikaitkan dengan nilai keimanan
dan akhlak: terapkanlah sikap peduli terhadap
lingkungan dengan cara menjaga tanaman yang ada disekitar kita, tidak
membuang sampah ditaman, menyiram tanaman yang kekeringan.
|
10’
|
PENILAIAN
3. Teknik penilaian
Metode / Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan rubric
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes penilaian kinerja
|
Tes Tertulis
|
Tes uraian dan pilihan ganda
|
4. Instrument penilaian
( Terlampir)
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/Alat :
a)
Alat dan bahan : Spidol,
Whiteboard, Penghapus
b) Media
: Laptop, LCD Proyektor, Powerpoint, dan film tentang beberapa contoh gerak
pada tumbuhan
2.
Bahan : Lembar Keja Siswa
3.
Sumber Belajar : Buku IPA Terpadu Kelas VIII dan sumber
lainnya dari internet dan buku literatur
Bogor, Agustus 2017
Mengetahui,
Kepala SMPIT Al Fityan Boarding
School Bogor Guru IPA
Ade Falah, M.Pd.I Ade Idrus H, S.Pd
Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA
“Indentifikasi Gerak Pada Tumbuhan”
Tujuan :
Mengidentifikasi jenis gerak pada tumbuhan melalui
gambar
Langkah
kerja diskusi :
1.
Amatilah gambar yang
diberikan oleh guru secara berdiskusi
2.
Tuliskan nama tumbuhan
tersebut kemudian identifikasi ciri-cirinya
3.
Tentkan macam gerak pada
tumbuhan tersebut
4.
Tuliskan hasil diskusi pada
table hasil diskusi
5.
Presentasikan hasil diskusi
kelompok kalian di depan kelas
Table
hasil diskusi
No.
|
Nama tumbuhan
|
Ciri-ciri
|
Jenis gerak
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
11
|
|
|
|
12
|
|
|
|
13
|
|
|
|
14
|
|
|
|
15
|
|
|
|
Diskusikanlah
:
1.
Tumbuhan apa saja yang
melakukan gerak tropisme dan rangsangan apa yang mempengaruhinya?
2.
Tumbuhan apa saja yang
melakukan gerak nasti dan rangsangan apa yang mempengaruhinya?
3.
Tumbuhan apa saja yang
melakukan gerak taksis dan rangsangan apa yang mempengaruhinya?
Lampiran 2
Instrumen
Penilaian Sikap
Mata Pelajaran :
IPA
Tema :
Gerak pada Makhluk Hidup
Sub Tema :
Gerak pada Tumbuhan
Kelas/Semester :
VIII
/ 1
No
|
NAMA
|
Aspek yang akan dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Rasa ingin tahu
|
Tanggung jawab
|
Disiplin
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
3
|
terlihat antusias, aktif terlibat dalam kelompok
|
2
|
Tidak terlalu antusias walau aktif dalam kerja
kelompok
|
||
1
|
Tidak antusias dan tidak aktif dalam kerja
kelompok
|
||
|
|||
2
|
Tanggung jawab
|
3
|
Melaksanakan tugas dengan baik dan dapat
menyelesaikan kerja sesuai prosedur dan waktu
|
2
|
Melaksanakan tugas dengan baik tetapi kurang
memperhitungkan ketepatan waktu
|
||
1
|
Mengerjakan tugas tidak sesuai prosedur dan tidak
dapat tepat waktu
|
||
|
|||
3
|
Kejujuran
|
3
|
Melakukan pengamatan sesuai kondisi sebenarnya
|
2
|
Melakukan pengamatan kurang sesuai kondisi
|
||
1
|
Melakukan pengamatan tidak sesuai kondisi
|
Skor Perolehan
NILAI =
---------------------------
X 100
Skor Maximum
|
Lampiran 3
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Mata Pelajaran :
IPA
Tema : Gerak pada Makhluk Hidup
Sub Tema :
Gerak pada Tumbuhan
Kelas/Semester :
VIII
/ 1
Jawablah pertanyaan
berikut :
1.
Jelaskan perbedaan gerak
tropisme, nasti dan taksis!
2.
tuliskan macam-macam dari
gerak tropisme, nasti dan taksis!
3.
Berikan contoh gerak
tropisme
dalam kehidupan sehari-hari !
4.
Berikan contoh gerak nasti dalam
kehidupan sehari !
5.
Berikan contoh gerak taksis dalam
kehidupan sehari !
Kunci Jawaban
1.
Perbedaan gerak tropisme,
nasti dan taksis
Tropisme
|
Nasti
|
Taksis
|
ü Hanya bagian tumbuhan yang berpindah tempat
ü Arah gerakan mengikuti arah datangnya rangsangan
|
ü Hanya bagian tumbuhan yang berpindah tempat
ü Arah gerakan tidak mengikuti arah datangnya rangsangan
|
ü Seluruh bagian tumbuhan berpindah tempat
ü Arah gerakan mengikuti arah datangnya rangsangan
|
2.
Macam-macam gerak pada gerak
tropisme, nasti dan taksis
Tropisme
|
Nasti
|
Taksis
|
ü Geotropism
ü Fototropisme
ü Hidrotropisme
ü Tigmotropisme
|
ü Niktinasti
ü Seismonasti
ü Termonasti
ü Fotonasti
ü Nasti kompleks
|
ü Fototaksis
ü Kemotaksis
|
3.
Contoh gerak tropisme :
ü Gerak akar menuju pusat bumi
ü Gerak ujung batang menuju cahaya metahari
ü Gerak akar menuju tempat berair
ü Gerak tanaman bersulur yang melilit kayu
4.
Contoh gerak nasti :
ü Menutup dan membukanya daun petai cina pada malam dan siang hari
ü Menutupnya daun putri malu ketika disentuh
ü Mekarnya bunga tulip pada musim semi
ü Mekarnya buna pukul empat karena terkena cahaya
ü Membuka dan menutupnya stomata akibat beberapa rangsangan
5.
Contoh gerak taksis :
ü Gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya
ü Gerak sel spermatozoid menuju sel telur pada bryophyte dan pteridophyta
Rubrik Penilaian
Soal nomor
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
2
|
Dijawab 2 perbedaan dengan benar
|
1
|
Dijawab 1 perbedaan dengan benar
|
|
2
|
2
|
Jika di jawab sempurna/tepat
|
1
|
Jika jawaban tidak sempurna/tidak tepat
|
|
3
|
2
|
Dijawab lebih dari 2 contoh
|
1
|
Dijawab kurang dari 2 contoh
|
|
4
|
2
|
Dijawab lebih dari 2 contoh
|
1
|
Dijawab kurang dari 2 contoh
|
|
5
|
2
|
Dijawab 2 contoh
|
1
|
Dijawab 1 contoh
|
|
Score Total
|
10
|
|
NILAI
= Jumlah skore X 10
|
Lampiran 4
Instrumen
Penilaian Unjuk Kerja
Mata Pelajaran :
IPA
Tema : Gerak pada Makhluk Hidup
Sub Tema :
Gerak pada Tumbuhan
Kelas/Semester :
VIII
/ 1
Nama Siswa
|
Skor Ketrampilan yang Dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
A
: Melakukan diskusi sesuai prosedur C : Mencatat hasil diskusi
B
: Kerjasama D
: Mempresentasikan
hasil diskusi
Rubrik Penilaian
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
A.
Melakukan diskusi
sesuai
prosedur
|
2
|
Melakukan diskusi sesuai prosedur
|
1
|
Melakukan diskusi tidak sesuai prosedur
|
|
B.
Kerjasma
|
2
|
Kerjasama saat melalukan diskusi
|
1
|
Tidak bekerjasama saat melakukan diskusi
|
|
C.
Mencatat hasil
|
2
|
Mencatat hasil pengamatan dengan benar
|
1
|
Tidak mencatat hasil pengamatan
|
|
D.
Mempresentasi hasil diskusi
|
2
|
Mempresentasikan hasil dengan baik
dan benar
|
1
|
Tidak mampu mempresentasikan hasil
|
Skor maksimal X 5
Penilaian =
-----------------------------
4
|
Komentar
Posting Komentar